CACAR AIR CHICKENPOX

Cacar Air

CACAR AIR (CHICKENPOX)

Chickenpox atau dalam bahasa awam disebut Cacar air merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Varicella-ZosterVirus (VZV) yang menyebabkan timbulnya bintik-bintik merah kecil dan berair, disertai rasa gatal yang hebat dan demam. Ruam biasanya muncul pertama kali pada bagian dada, punggung dan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Cacar air biasanya bersifat ringan dan bisa sembuh sendiri (self limiting disease), tapi dapat bersifat berat atau serius khususnya pada bayi, wanita hamil, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang buruk.  Ada mitos bahwa cacar air itu tidak berbahaya, padahal 1 dari 20 anak terkana infeksi telinga dan cacar air bisa juga menimbulkan komplikasi yang perlu diwaspadai seperti Pneumonia, Trombositopenia, Miokarditis dan berkembangnya menjadi Herpes Zoster.

Cacar air merupakan penyakit yang sangat menular.  Di US, UK, dan Jepang, lebih dari 80% orang terinfeksi pada usia rata-rata 10 tahun. Bagi orang yang belum pernah terkena cacar air atau belum pernah divaksin dapat terkena penyakit ini. Tanda-tanda cacar air berupa ruam yang sangat gatal disertai bintik kecil berair dan tersebar ke seluruh badan dan memakan waktu selama 1 minggu hingga bintik kecil berair kempis. Anak –anak biasanya tidak masuk  sekolah selama 5-7 hari karena  terkena cacar air. Gejala lain yang muncul pada hari 1-2 sebelum ruam meliputi :

  • Demam
  • Kelelahan
  • Hilang nafsu makan
  • Pusing

Pencegahan dan Terapi Cacar Air

Cara terbaik untuk terhindar dari cacar air adalah dengan melakukan vaksin chickenpox. Vaksin chickenpox sangat aman dan efekstif untuk mencegah cacar air. Apabila orang yang sudah melakukan vaksinasi tapi tetap terkan cacar air, biasanya gejala dan tanda yang timbul lebih ringan, lebih sedikit timbul ruam dan ringan/tidak ada demam. Hal ini juga mematahkan mitos “jika sudah pernah terkena cacar air, tidak akan terkena lagi” faktanya bisa terinfeksi virus VZV lagi dalam bentuk cacar air atau Herpes Zoster tergantung kondisi kekebalan tubuh orang itu sendiri.  

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan gejala cacar air dan mencegah infeksi kulit. Seperti pemberian lotion atau gel antihistamin yang dapat membantu meredakan rasa gatal. Hindari menggaruk untuk mencegah penyebaran virus lebih banyak dan mencegah timbulnya infeksi lain. Perbanyak minum dan mengonsumsi makanan yang lembut dan sehat serta menggunakan pakaian yang berbahan lembut untuk mengurangi gesekan pada ruam. Menggunakan produk-produk OTC seperti paracetamol untuk meredakan demam dan pusing dan patuhi resep obat yang telah diberikan dokter  untuk mempercepat penyembuhan cacar air.

Sumber :

Center for Disease Control and Pervention, Chickenpox, 2018

Cohen, J, Breur, J. (2015). Chickepox: Treatment. BMJ Clinical Evidence. 2015. pii: 0912

 

*COOMING SOON DOKTER ANAK RDC*

Reservation and contact No 0819-11111-047

Updated: 10/16/2019 — 11:14

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rusban Doctors Center © 2020 | Sitemap